fbpx

Hey AIESEC

Direktori inisiatif-inisiatif alumni AIESEC

Status

Berhasil

Rincian

Diundang Isi Acara 🎤

Objektif Pembelajaran

HeyAIESEC dimulai dengan objektif utama sebagai sarana saya belajar, melakukan customization terhadap tema dasar WordPress. Website berbentuk direktori, saya jadikan pilihan, karena suatu saat nanti saya ingin mulai mempublikasi produk saya di ProductHunt — direktori adalah jenis produk yang populer disukai para penggemar teknologi di platform tersebut.

Objektif Kontribusi Sosial — Sumber Ide

Tentu, melakukan sesuatu yang kita sukai sambil belajar dari prosesnya adalah yang terbaik, menurut saya. Maka dari itu saya memilih membangun direktori untuk sesuatu yang saya senangi: AIESEC. AIESEC adalah organisasi kepemudaan internasional yang berfokus pada perdamaian dan pengembangan potensi kepemimpinan. Video ini melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menjelaskan intisari AIESEC dan apa yang organisasi ini perjuangkan.

Hal terpenting yang saya rasakan selama berada di AIESEC, ini adalah rumah terbaik untuk berkembang di masa kuliah. Mantra ini saya sering ulang berkali-kali ke anggota baru AIESEC:

A place where you have the confidence to learn and the freedom to fail.

Berkat lingkungan yang se-suportif itu, banyak alumni AIESEC yang menjalani karir yang berarti dan memberi dampak sosial bagi sekitar. Ada yang menjalankan proyek sampingan di luar pekerjaan utama, ada yang mendirikan bisnis sosialnya sendiri, hingga yang mengabdi di yayasan nirlaba. Semua yang mereka lakukan menginspirasi saya untuk melakukan “sesuatu” pula — bahkan meski banyak dari alumni tersebut yang saya sebatas kenal dari nama dan peliputan pers.

Somebody learn to be a person by watching you.

Lahirlah heyAIESEC — direktori inisiatif-inisiatif berdampak sosial dari alumni AIESEC. Sesuai dengan namanya, ini juga wujud terimakasih dan rasa rindu saya kepada AIESEC, apalagi meneriakkan “Hey AIESEC?!” yang bersahut “What’s Up!” dengan semangat di tiap konfrensi.

Struktur Data

Terdapat 7 obyek utama dalam proyek ini. Dibawah saya jabarkan beserta atribut yang masing-masing miliki setelah tanda garis pisah (—).

  1. Inisiatif (obyek utama) — nama, logo, deskripsi elevator pitch, website atau media sosial, Instagram, dan tim (atribut ini menjadi sumber masalah nanti)
  2. Jenis kolaborasi yang tim pendiri butuhkan — nama
  3. Model bisnis — nama
  4. Fase bisnis — nama
  5. Vertikal industri — nama
  6. Lokasi (karena saya ingin nantinya direktori ini tidak hanya untuk AIESEC Indonesia, tapi global) — nama
  7. SDGs (Sustainable Development Goals; dampak sosial yang disasar) — nama

Antara obyek (1) dan obyek (2 … 7) memiliki hubungan banyak ke banyak (many to many)

Fitur yang Dibutuhkan

Sebagaimana standar sebuah direktori kurasi, fitur utama yang krusial bagi proyek sederhana ini adalah

  1. Fungsi navigasi — Menyaring inisiatif berdasarkan kategori tertentu
  2. Fungsi navigasi — Melakukan pencarian berdasarkan nama inisiatif
  3. Fungsi partisipasi — Pengunjung bisa menyukai inisiatif yang mereka sukai sebagai bentuk apresiasi
  4. Fungsi partisipasi — Pengunjung bisa berdiskusi tentang inisiatif tersebut
  5. Fungsi partisipasi — Pengunjung bisa membagikan inisiatif ke media sosial
  6. Fungsi referensi — Pengunjung bisa mengunjungi website inisiatif tersebut
  7. Fungsi referensi — Pengunjung bisa mengecek dan terhubung dengan para pendiri inisiatif lewat Linkedin
  8. Fungsi kontribusi — Pengunjung bisa menambahkan inisiatif baru ke dalam koleksi ini

Rangkaian Peralatan

Tumpuan utama adalah Elementor sebagai page builder. Saya meningkatkan fungsi Elementor dengan menambahkan modul-modul dari Croco blocks:

  • JetEngine — Pembuatan “insiatif” sebagai tipe obyek khusus . Ini diperlukan karena WordPress secara default ditujukan untuk blogging, jadi tipe obyek standar yang tersedia adalah artikel.
  • JetSmartFilter — Fungsi penyaring berdasarkan berbagai obyek kategori poin 2 s/d 7 di bagian struktur data

Peralatan pendukung lain, yaitu:

  • Deeper Comment — Pengganti modul komentar standar WordPress, dengan tampilan yang lebih ringkas
  • Favorites — Menghadirkan fungsi upvoting dan apresiasi
  • Post Views Counter — Deskriptif sesuai namanya, ini membuat saya mampu memperlihatkan jumlah pengunjung halaman insiatif tertentu.

Hasil Akhir yang Tidak Diduga

Saya awalnya hanya sekedar membagikan postingan ini di media sosial pribadi. Tak disangka respon dari teman dan kolega sangat tak terduga. Impresi yang saya peroleh 2x lipat dari rata-rata pos saya pada umumnya. Beberapa orang bahkan mempromosikan saya di Instagram mereka masing-masing hingga menyebut teman mereka di kolom komentar.

Tanpa saya minta, presiden AIESEC Indonesia angkatan saya (saya adalah pimpinan cabang lokal) mempromosikan proyek ini di grup alumni AIAO (AIESEC Indonesia Alumni Organization). Respon dari alumni angkatan atas sangat baik dan positif! Meski saya bukan orang yang dikenal di grup alumni nasional, sebab biasanya yang sering bertemu alumni adalah mereka yang melanjutkan jadi pengurus nasional setelah selesai di lokal.

Presiden AIAO, Mas Ebin, sampai menjadwalkan virtual meeting untuk membahas apa yang AIAO bisa lakukan untuk membesarkan proyek ini. Di meeting tersebut dibahas keinginan alumni AIESEC Indonesia untuk mengubah heyaiesec.com ini sebagai sarana utama platform alumni AIESEC global — semacam intranet. Beliau juga sampaikan langsung bagi saya untuk hadir di acara Thirsday (kegiatan rutin bulan, sharing ilmu dan temu alumni AIAO) — hal yang sayangnya, di berbagai kesempatan beruntun, bertabrakan dengan agenda lain saya.

Ruang Peningkatan

Di bagian atas saya sebutkan, atribut “tim” dalam obyek inisatif menyebabkan masalah. Karena seharusnya tim tersebut menjadi obyek sendiri. Ini menyebabkan proses yang rumit untuk mengeksekusi fitur ke-8 (Fungsi kontribusi — Pengunjung bisa menambahkan inisiatif baru ke dalam koleksi ini) secara mulus. Sebab WordPress sendiri sudah punya obyek bawaan untuk “user” yang tidak saya gunakan.

Mencoba mengakali celah ini dengan menambal via modul frontend posting juga tidak menyelesaikan masalah. Ini menjadi pembelajaran berharga saya untuk kemudian hari lebih teliti dalam merancang struktur dan relasi antar data.

Ini pengalaman yang menyengkan dan saya belajar banyak! Saya akan tetap menjaga website ini terus aktif, sebagai pengingat awal mula pembelajaran saya. Suatu saat, saya juga berniat mengembangkan situs ini lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *